10 Oktober 2007

"Pose..."


Memotret binatang ternyata gampang-gampang susah..
Terlebih binatang buas seperti macan tutul ini. Sepintas keluarga kucing besar yang memiliki nama latin Panthera pardus ini tingkah lakunya memang terkesan lamban dan lemah gemulai. Tapi naluri bertahan hidup di alam liar dan sifat buasnya sebagai pemangsa, masih tetap ada meski binatang ini sudah sering berinteraksi dengan manusia.
Meski berada didalam kandang besar ataupun dibalik terali besi, tak jarang karnivora ini sering membuat gerakan mengejutkan seperti saat menerkam mangsa..
Hehehe... dan walhasil meskipun kita motret disela-sela jeruji kandang, bakal sering dibikin kaget dan sedikit merinding dengan tingkah lakunya.. Dan harap hati-hati juga karena cakar binatang ini bisa masuk sela-sela jeruji kandang dan meraih apa yang ada di dekatnya.
Kucing yang bisa mencapai ukuran maksimal hingga 2 meter ini, lebih aktif dimalam hari. Di habitat aslinya lebih sering dijumpai hidup menyendiri. Dan banyak menghabiskan waktunya dengan bermalas-malasan diatas pohon.
Habitat asli macan ini banyak tersebar di Asia dan Afrika. Beberapa masyarakat di Indonesia menyebut juga dengan macan 'kembang' (karena memiliki motif tutul yang menyerupai bentuk bunga) atau harimau dahan (karena banyak menghabiskan waktu dan mengintai mangsa dari atas dahan).
Karnivora yang satu ini tidak terlalu pilih-pilih saat mencari mangsa. Mulai dari binatang yan berukuran besar hingga kecil, seperti tikus dan kelelawar. Bekas cakaran di beberapa pohon dan kotoran serta air seni, adalah bentuk dari binatang ini dalam menandai kawasannya.
Foto ini diambil di Kebun Binatang Surabaya, dengan kamera Nikon D 50,

Tidak ada komentar: